Keluarga Besar Alumni SMA Negeri 1 Sidareja Cilacap

yang jauh mendekat, yang dekat merapat, yang merapat jadi hangat, yang hangat tambah semangat

EFISIENSI ANDERSON CONSULTING

EFISIENSI ANDERSON CONSULTING
 
Minggu malam yang lalu, saya bersama beberapa teman makan malam
di sebuah restoran yang khabarnya cukup laris di daerah kota
(untuk yang belum tahu, di Jakarta ada satu wilayah yang disebut Kota).
Saat memesan makanan, saya perhatikan pelayan
yang melayani kami membawa sepasang sendok di saku bajunya.
Sedikit aneh, tapi saya tidak begitu peduli.
Namun, saat pesanan kami mulai diantar,
saya melihat pelayan lain membawa pula sepasang sendok di saku bajunya.
Saya jadi tertarik untuk melihat sekeliling, dan ternyata memang benar
dugaan saya, semua pelayan restoran tersebut membawa sepasang sendok
di saku baju masing-masing.
Saya jadi ingin bertanya. “Mas, kenapa semua pelayan di sini membawa
sepasang sendok di sakunya?” tanya saya pada pelayan yang datang
membawa piring sate.
“Oh, begini pak,” jawab si pelayan, “pemilik restoran ini memutuskan
untuk menyewa Anderson Consulting, ahli dalam hal analisa efisiensi kerja,
untuk memperbaiki kinerja restoran ini. Setelah melakukan analisa selama
beberapa bulan, mereka menyimpulkan bahwa pelanggan restoran ini
menjatuhkan sendok makan sebanyak 73,84% lebih sering dibandingkan
peralatan makan lainnya yang ada di meja. Menurut Anderson Consulting,
itu berarti rata-rata 3 pelanggan menjatuhkan sendok per meja setiap jamnya.
Jika saja semua pelayan restoran mengantisipasi hal ini, berarti kita bisa
mengurangi waktu yang terbuang untuk bolak-balik ke dapur mengambil sendok
pengganti, dan menghemat waktu 1,5 jam kerja per shift.”
Saking kagumnya dengan penjelasan si pelayan, tanpa sengaja saya
menyenggol salah satu sendok yang ada di meja. Segera saja si
pelayan mengambil gantinya dari saku bajunya sambil berujar,
“Betul kan pak, saya tidak harus pergi ke dapur mengambil sendok pengganti
untuk Bapak.” Saya hanya bisa melongo dengan kejadian itu.
Tapi, ceritanya belum berakhir sampai disitu.
Ketika pelayan lain datang menghidangkan pesanan tambahan,
saya tetap memperhatikan sekeliling. Dan satu hal lagi tampak aneh.
Saya perhatikan hampir semua pelayan pria memasang benang yang
menyembul di ujung ruitsluiting celana mereka. Benang
itu dikaitkan ke ujung kancing terbawah dari baju.
Lagi-lagi rasa ingin tahu mengusik saya.
Sebab, ternyata pelayan perempuan tidak memakai asesoris
benang tersebut.
Ketika si pelayan tadi datang, saya menanyakan soal benang itu.
“Wah, bapak ini orangnya perhatian sekali ya. Tidak semua pelanggan
di sini memperhatikan hal-hal sedetail bapak,” puji si pelayan sedikit
menggombal. Saya hanya tersenyum kecil. Apa anehnya orang suka
memperhatikan detail?
“Ini juga hasil analisa Anderson Consulting, pak.” katanya melanjutkan.
“Mereka menyimpulkan bahwa kami pun harus menghemat waktu yang kami
habiskan di kamar kecil ketika buang air kecil. Dengan tali yang diikatkan ke si
‘adik’ ini,” katanya sambil menunjuk benang itu, “kami tidak harus
menggunakan tangan ketika mengeluarkannya. Berarti kami terbebaskan dari
keharusan mencuci tangan setelah buang air kecil. Dan itu menghemat
waktu yang terbuang di kamar kecil sebesar 25,92%.”
Hampir tersedak saya mendengar penjelasan itu.
“Memang, dengan tali itu tangan jadi terbebas untuk memegang si ‘adik’.
Tapi gimana caranya untuk memasukkannya kembali ke posisi semula?” tanya
saya menyelidik.
Dengan setengah berbisik si pelayan berucap, “Anderson Consulting tidak
menjelaskan secara spesifik tentang hal ini. Nggak tahu dengan yang
lain, pak. Tapi, kalau saya sih pakai sendok yang ada di saku baju ini.”

Dikirim Oleh : Ristanti (1996)

Leave a Reply

