Keluarga Besar Alumni SMA Negeri 1 Sidareja Cilacap

yang jauh mendekat, yang dekat merapat, yang merapat jadi hangat, yang hangat tambah semangat

Kelas Tiga yang ABU-ABU

MASA SMA ( kejadian yang menyebalkan hingga sekarang )

Suatu hari di bulan maret 2006 beberapa bulan menjelang UAN dan UAS ( aku lupa harinya yang jelas aku masih pake baju abu-abu putih)……..setelah parkir motor diparkiran tiba-tiba didepan kelas ada yang berteriak

” eh wo wingi aku dititipi salam, bocah pramuka kelas X.4, tapi aku kelalen jenenge sapa!?” kata Irkhamul Wafa…salah seorang murid kelas 3 IPA 1

” oh……………ya salam balik aja” tanggapku dingin, sambil berlalu aku tak memikirkan hal yang barusan terjadi. sembari masuk kelas aku melihat teman-teman sekelas sedang sibuk dengan kegiatan mereka masing…

setelah bel masuk jam 07.00 berbunyi dengan keras…aku duduk seperti biasa di barisan paling akhir. aku duduk dengan bojo kePapat, Parwanti bocah cinyawang ( aku kelalen omahe nang ndi…). pelajaran pertama hari itu adalah matematika, dan seperti biasanya yang mengajarkan matematika SMA dari kelas 1.3 sampai kelas 3 IPA 1 adalah guru senior sekaligus walikelasku Pak Gandhi Trisno Adhi…( maaf pak kalo salah ketik nama jangan tersinggung ya…;> ) beliau hanya mengajar 15 menit sambil duduk bercerita setelah itu kita bebas melakukan apa saja padahal aku masih mengantuk….

tiba-tiba istri pertamku maskudku sahabat cewek yang namanya Mei Mujiati anak padaherang..( siki wis mbojo karo anake sing nduwe kos-kosan ) bilang

”ngelamun aja ntar kagak laku lho!!! ”

” akh biarin aja kenapa ………….ntar juga jodoh datang sendiri ” kataku.

aku menyebut temen-temen cewekkku dengan sebutan ” Bojo pertama, kedua, ketiga dan seterusnya”

kemudian bojo keloro si Peppy ( anak tegal sari, sekarang kerja di bandung ) yang menimpali ” lha dasar keboo…. aja diurusi anu urung adus ” dengan tertawa-yang tertahan karena takut ketahuan pak gandhi… bojo ketelu si Arifatus Sholehah menambakan ” ikh melas aja diwadani bae…. mending kon angon keboo bae….”

argggggggg….. kesal juga di katain kaya gitu….. tapi hal seperti itu sudah terjadi semenjak kami saling kenal……. lama-kelamaan hal itu seperti hal yang wajib di lkukan setiap kali kami bertemu ntah dikelas atau dimana aja….. hingga sekarang kalo kami bertemu dengan salah satu dari mereka…

Keesokan harinya

” wo kowe olih salam maning kang bocah wingi…….jenenge lia, lina ato siapa akau lupa wo ””’ kata irkhamul wafa saat aku mau masuk kelas….

” salam balik aja ya ……” kataku. Aku nggak ambil pusing dengan ucapan slam seperti tadi…..

Keesokan harinya lagi

” wo kowe olih salam maning… oh ya akau kelalen maning karo jenenge….lia, lina akh mbuh ….” kata irkhamul wafa

” anu sing bener sapa koh jenengane…?”

” takon dewe karo bocahe mengkoo tak tidokna…“

setelah bel istirahat berbunyi….TTTTTTTTT

wafa berjalan ke arahku yang sedang bercanda dengan fuad, rony, ardy, zaeny dan gigih di depan pintu kelas..

“itu lho wo yang berjilbab yang jalan bertigaaan“

“ yang mana??? oh yang itu…….“

keesokan harinya…..sama seperti kemarin-kemarin dan kemarinnya lagi…….. slalu mendapat salam dari orang yang sama…… hari ini aku menjadi penasaran dengan orang yang memberiku salam……ada keanehan hari ini si wafa memberitahukan namanya dengan jelas namanya xxxx anak kelas X.4… aku penasaran dengan cewek tersebut….. setelah pulang sekolah, sebelum pintu-pintu kelas ditutup ma pak penjaga sekolah aku langsung menuju kelas x.4 yang berada 2 blok ( salnya aku kelas 3 IPA 1 di dekat laboratorium ) di belakang kelasku atu kelas paling atas pas pojok wetan perek tembok… kebenaran kelas udah kosong tak ada penghuni yang terlihat …….langsung kucari buku absennya aku buka-buka dan akh……akhirnya ketemu juga ternyata namanya xxxxxxxxxxxxxx….dengan no absen 22….

Keesokan harinya aku ingat betull kalo hari ini adalah hari jumat, karena aku mengenakan pakaian seragam pramuka……. tumben hari ini aku nggak di kasih salam ma si dia………. setelah jam istirahat pertama aku yang berjalan sehabis dari warungnya pak turiman, hari itu aku digratisi makan mendoan sama Parwanti, Suharman menghampiri sambil berbisik

” woo mengko batiri aku bensin ya, motorku kentengan bensin pas kentug parkiran”

” ya wis mengko aku batiri……..”

bersambung………..

by Bowo Prasetio 2003-2006

5 responses to “Kelas Tiga yang ABU-ABU

  1. xxx September 10, 2008 at 3:23 pm

    mas bowo kenapa cerita sma kita di upload sih

    aku kan jadi maluu
    pa lagi ma kkku

  2. anang sf September 12, 2008 at 3:08 pm

    Asslmkm mas bowo. masih ingat gak ma aku ? maAf ya ikut nimbrung Coment tentang Crita masa Sma You. Itu loh kamu bilang Mei Mujiati anak padaherang menikah sama Anknya yang punya kos2san Salah We…….

    Yang bener Mei mujiati Menikah sama Saudara Saya anak pakde saya …..jadi tetanggane kos2sane Mei Getoo loh……. He3X

    ohya khabar Gembira loh sekarang Mei dah punya Anak Lucu BAnggET….! Anaknya Cowok.

  3. bowo_06 September 15, 2008 at 12:28 am

    oh ya mas anang …. aku inget….
    maaf kalo salah nyebutin ( kesalahan informasi)

    oh ya mas anang salam ya nggo mei…lan anake sing jerene lucu bangettt….

    oh mas aku njaluk nomer hpmu

    iki no ku 081386491854…

  4. anang sya'roni far'ah September 22, 2008 at 2:58 pm

    Mas bowo memang klo mengenang masa2 SMA atw Cerita SMA indah bangget ya…..masa itu rasanya Seneng terus Getoo…..kaya Gak ada beban apa apa Ya….

  5. Comet October 8, 2009 at 12:56 pm

    Aku isin ngewei comment, ora kenal se…

Leave a Reply

