Keluarga Besar Alumni SMA Negeri 1 Sidareja Cilacap

yang jauh mendekat, yang dekat merapat, yang merapat jadi hangat, yang hangat tambah semangat

Refleksi 26 Tahun SMA Kita

Dua puluh enam tahun adalah waktu yang cukup panjang untuk sebuah sejarah perjalanan SMA Negeri Sidareja. Tahun 1983 adalah tonggak awal berdirinya, dan tiga tahun kemudian 1986, adalah tahun pertama pendadaran / wisuda.

Kalau kita hitung sampai hari ini, sudah ribuan alumni yang sudah berhasil ditelorkan oleh Sekolah kita yang berlokasi di gunung Kunci ini, suatu jumlah yang sangat banyak.

Dari ribuan alumni ini, tentu sudah mengisi banyak bidang profesi, baik sektor pertanian, industri, jasa maupun pemerintahan. Apapun bidangnya, bagi kita tetaplah penting bahkan sangat penting, karena semua bidang saling berkaitan dan saling melengkapi. Yang kita tidak pernah bida diingkari adalah, pencapain kita sekarang berkat satu ‘stage’ pendidikan di SMA kita tercinta.

Disana yang pasti secara normatif diajarkan pelajaran-pelajaran seperti di SMA yang lainnya, tetapi lebih dari sekedar yang normatif, kita juga mendapatkan pengetahuan yang baru tentang cara pandang yang sedikit lebih baik tentang suatu masalah, disana juga kita dapatkan kebersamaan baik dengan teman-teman sekolah maupun dengan para guru-guru kita.

Dari bukit Kunci, kita juga bisa membentangkan pandangan ke depan, bahwa perjalanan kita sebagai manusia yang kelak memiliki tanggung-jawab sudah dan sedang dimulai. Masing-masing dari kita memekikkan keinginan dalam hati, bahwa kita akan mencapai suatu titik tertentu dikemudian hari.

Nuansanya sangat berbeda dengan saat kita baru lulus Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama. Kesan transisi kehidupan terasa sekali. Sebagian harus memulai hidup mandiri dengan mencari nafkah , sebagian yang lain masih meneruskan perjalanan menambah amunisi untuk cita-citanya.

Siapapun kita, dimanapun kita saat ini, yang pasti kita sama sama “satu ibu kandung” yaitu SMA Negeri Sidareja. Dalam satu keluargapun ada perbedaan, begitu juga dengan kita Alumni, tetapi perbedaan ini menjadi pengkayaan dalam suatu keluarga, seperti berbedanya kakak dan adik, anak dan orang tua, masing-masing punya peranan. Berbeda rupa dan karkter tetapi satu keluarga besar.

Kita Lupakan perbedaan ini, dan kita hanya membutuhkan sedikit persamaan yaitu kita satu keluarga.

Salam

Sarkim (A1 : 1984 -1987)

32 responses to “Refleksi 26 Tahun SMA Kita

  1. jule January 27, 2009 at 1:47 pm

    yuppp….

    perbedaan membuat indah…tapi bukan berarti kita menonjolkan perbedaan…karena tanpa kita paparkan perbedaan akan nampak dengan sendirinya…tapi yang kita perlu,,,mencari persamaan…yang memungkinkan kita untuk bisa melangkah dengan langkah kokoh tanpa tergoyahkan angin ato badai,,,,
    majuuuu…..

  2. prie January 27, 2009 at 1:50 pm

    apa sma sidareja wis 26 tahun? jan….karo aku tua endi ya….?

  3. bowo-06 January 28, 2009 at 8:39 am

    temenan lah

    aku malah nembe ngerti ngger umurku siki beh 21 taun

    bravo smanasa

  4. Tommy Rose January 28, 2009 at 10:57 am

    Bravo SMANSA….
    semoga bisa ditingkatkan..misalnya membuat tukar program kurikulum dengan SMA laen di luar negeri…..untuk membandingkan kurikulum yang ada sekarang….

    Tommy Rose

  5. Sarkim January 28, 2009 at 11:51 am

    Ide yang bagus Tommy.

    Sangat diharapkan peran Guru dan Siswa untuk aktif di milis.

  6. Tommy Rose January 28, 2009 at 1:16 pm

    All,
    Saya sangat merasakan sebagai orang asli daerah/kampung yang sekolah di kampung dibandingkan dengan di kota2…..(ngga sombong lho..wong saya cuman anake wong Tani Kluthuk yang alhamdulillah banget bisa sedikit mengimprove taraf kehidupan dengan modal sekolah doang…)
    saya ketika memasuki dunia kerja di JKT, sangat jauh ketinggalan baek dari wawasan, dll. sehingga menurut saya….bagi sekolah SMANSA misalnya…..sangat perlu sekali study banding dengan sekolah2 unggulan di Indonesia khususnya….siapa tahu bisa nyaingin SMU 3 Jogja misalnya atau SMU favorite lainnya yang ada diJakarta….misalnya juga untuk mata pelajaran tertentu bisa digunakan bahasa Inggris…saya melihat orang2 expatriat India yang bekerja di perusahaan multinational (atau istilanya perusahaan asing/ MNC=multinational company); dimana orang India sangat jago bahasa inggrisnya dan sangat mumpuni dibidangnya)….ini baru kita bandingkan dengan India.
    Kebetulan saya bekerja disalah satu MNC di Cilandak Commercial Estate, dimana kemampuan English, sangat dituntut…
    Yang saya rasakan…ketika diri kita merasa sudah bagus di tingkat Sidareja, namun ketika bersaing setingkat Indonesia…kadang2 kita baru sadar kalau kita ngga ada apa-apanya……(apa ini hanya perasaan saya saja ya…??)

    Tommy Rose
    Putera Tegalanak Aslie!!

  7. Tommy Rose February 2, 2009 at 5:58 pm

    Kang Ragil,

    kamu kenal sama Ahmad Eko Wibowo (bowo) bocah Cisuru (pas perempatan pasar cisuru) temen sekelasku di SMP N 2 Sidareja lulus tahun 1991…
    Bowo punya mbah di sebelah barat SMP 2 SDRJ..

    Tommy Rose
    TSutomo@johncrane.co.id

  8. rohibun February 4, 2009 at 1:17 pm

    aku absen thok lah

  9. Tommy Rose February 4, 2009 at 4:37 pm

    Bun,
    Yu tanti kapan baline???

  10. Tanti February 10, 2009 at 8:50 am

    Dear all…

    Akhirnya aku pulang juga! Dengan kulit sangat gelap dan kepala beraroma matahari tentunya. Kang Tommy takokna aku ana apa?? Kangen apa?? Ya pada aku ben kangen banget koh..

    With Luv,
    Tanti

  11. rohibun February 10, 2009 at 9:38 am

    sidane nggole meng blok s kapan?
    kae puteri ne wis baliii

  12. Tanti February 10, 2009 at 10:00 am

    Gimana kalo tanggal 13 hari Jumat??? Malem Valentine, khusus kami persembahkan untuk Ibun dan Jule!!

  13. Tommy Rose February 10, 2009 at 10:20 am

    wah lakone wis bali ya….
    sepi nek ora ana Yu tanti….aku ben kangen koh….

  14. Tanti February 10, 2009 at 11:22 am

    ya, kangennya nanti kita curahkan pas ketemuan di blok S deh! Lakone teka berarti bandite bigar ya…Kaya pilem india sing neng bioskop Misbar (grimis bubar) Rahayu.

  15. yatie_03 February 10, 2009 at 4:11 pm

    melasi banget luh lah nek ana acara hari jumat pasti aku ra bisa teka sprt biasa cengkareng halim pasti macet parah tapi gak tau deh besok tak usahakna,

  16. Zhimaniax,sos1('01) February 11, 2009 at 12:50 am

    Assalamualaikum.Wr.Wb …,kanggo semua Yu Yanti ..Ana gosip anyar apa? Ko tiba2 Juliet(Yuli) & Romeot(kang:Ibun) arep ditemokna disuasana yg romantis(jerene sih valentin hr sayang2an ap iya)yo wis Yul kang Ibun kon sowan meng omah,urung pindah kan isih nang ngrep SMEA kan?Kon nembung karo Ramane utawa Biyunge men genah tak dongakna men pd lanrar kabeh rejekine, usahane, jodone,bisnise ya pokoke sing apik2 baelah … “pI$$ n löVe” Wassalam

  17. singgih_02 February 11, 2009 at 11:32 am

    alhamdulilah siki lakone wis ganti dadi juli&ibun!! roda emang berputarrrrr

  18. yatie_03 February 11, 2009 at 12:17 pm

    aku ya melu Alhmdllh lah lakone wis ganti .. kang Ibun karo mba Yuli ya wis tek dongakna mg lancar sprt air mengalir keliatannya sich gak da kendala pa2 tuh
    ok deh c u di lapangan bola di Blok S maksude ojo lali siapkan diri sebaik mungkin wkkkkkkkkk……

  19. Anton S (IPS1) February 11, 2009 at 6:29 pm

    Sip2 ak sih setuju bae lah,,Nek dadi hiburane nanggap ebeg bae ya,,hehe Trus acara sing nang Blok S Batir2 liyane wis pd ngerti durung,,?Insyaallh ak arep teka lah,,

  20. jule February 13, 2009 at 10:55 am

    ohh my gosh…..

    @ jimmy (sos1_2001)
    jangan percaya begitu saja berita yang beredar….itu semua adalah kebenaran yang terselubung…taelahhh….

    @singgih…
    iye juga ya nggih…kenapa jadi migrasi ke aku beritanya yahhh?
    yu tanti nihh biangnya..hehe…piss yu,,,

    tapi tak mengapa semua biar jadi obrolan aja…
    masalah benar dan tidak..biar waktu yang menjawab…ciehhh…

    selamat berjumpa di blok s….

  21. Zhimaniax,sos1('01) February 14, 2009 at 11:45 am

    @jule aq sich melu bae dg gosip yg beredar konon ktnya “dunia persilatan”gempar dgn terjalinya cinta antra 2 insan yg brbeda padepokan dan aliran tp yg jelas keduanya berasal dr “NGAPAX COMONITY” so aq sangattt…Se7 tinggal tentukan tgl kpn kondhangane lan nang endi resepsine ok!?..

  22. Jimmy March 25, 2009 at 1:22 pm

    SMA Negeri 1 Sidareja dalam Refleksi adalah evolusi pola pikir progresive jalan menuju alam realita dewasa,
    geh mba Tanti, dewek kan seangkatan,njenengan nek bali sidareja njajal ngabari aku ya?, apa dewek kenal?,aku 3 IPS 1

  23. Tanti March 25, 2009 at 2:34 pm

    giye sing dimaksud tanti sapa? mbasanu mba tanti sing wong gandrung, sing pinter nyanyi, sing lulus tahun 95. kula mah tanti cah fisika lulusan 96. nek tanti sing selama ini muncul neng blog or milis geh kula. mba tenti gandrung dereng nate muncul

  24. Jimmy March 30, 2009 at 1:21 pm

    yU Tanti mbok esih kemutan karo Dadang/lakbok,Suyud,Nandang sing dadi polisi cah taklang,Dayat setuan, Septi/Pepy Cinagsi,rikane umahe mbok Cibenon yu, RS mlebu ?

  25. Tanti April 1, 2009 at 10:31 am

    iya bener banget. dadang batir sekelasku, cah bedeol soale sunda, Nandang cs e Pangkat, Anton ireng, bocahe ganteng kulit kuning, doyan teler (sangat seneng denger Nandang dadi Polisi), Dayat setuan ngerti banget sok ngumpul bareng dadot neng gone cendol ramane stasiun, Septi si centil, yang pernah jadi guru, skrn PNS neng kecamatan Bantar Sari apa yah.. lhah neng Jimmy sih sapa? biyen kelas apa ya…jan maklum lah, wis tuwa mandan pikun koh…ngapurani ya..

  26. Rirheez April 19, 2009 at 12:31 pm

    assalamualakum,,.,.,.,.,.

    akhirnya sma negeri 1 sidareja tercinta menampilka millis nya,.,.
    GANBATTE??? buat sma n 1 sidareja,
    tapi kemana nih angkatan ’08, ko ga da kbr????

  27. ASRI ROISUL MUTTAKIN April 25, 2009 at 12:23 pm

    Assalamu’alaikum…

    Aku lulusan taun 90 A2 , nek ana sing bisa gabung yach..tulung bisa saling contact…

  28. tatow'90 May 15, 2009 at 7:24 pm

    @ASRI / ROIS
    Assalamu’alaikum…

    Rois … aku ge lulusa 90 A1, ben beda jurusan aku ya apal
    banget lah karo njenengan.
    Khan kelas siji njenengan bareng aku !!!
    Batire dewek sing seangkatan ning milis giye ya nembe
    Mas Ragil Supriyanto (Supri Kribo), ning siki wis ora kribo.

    Kepriwe kabare siki IS ?
    Dines nang endi lan wis duwe bojo pira … anak maksude ?
    Mba Uswatun Khasanah siki nang endi Ya ?

    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    Kesuwun
    SUGIARTO (TATO/HARTO/GIARTO)

  29. Binardi '97 June 2, 2009 at 6:22 pm

    sorry melu nimbrung.. enyong be jebolan SMA 1 sidareja, IPA 1, kelas loro-loro, batire, Rita,purwo, wiwi , dede, retno, joni, prayit.. dani pilak, agung, lan liyaliyane.. aku kuliah ngesrag nang bandung… siki be esih neng bandung nek esih kenal aku aja kelalen..(binardinardi@yahoo.co.id)

  30. firdaus84 June 29, 2009 at 11:26 am

    assalamu’alaikum, alumni baiknya juga punya sumbangan nyata dalam bentuk dana ke sekolah, pemanfaatannya bisa untuk beasiswa atau membiayai siswa mengikuti lomba atau seminar/training, atau beli buku2 terbaru penambah wawasan. dah punya rekening belum ya?

    maaf, sy bukan alumni smansa sih, tapi dulu smp kita tetanggaan..he..makasih

  31. purwati August 10, 2009 at 10:17 am

    assalamu’alaikum kakang2 karo mba2,aku ya sama alumni smansa sidareja sing gaule karo wong2 kunciesme, aku lulus teun 2007, kangen lo karo samansa. guru2ne,senior2re dan yang pastinya kangen karo kanca2ku kelas IA3,Didik,sagaf,wiwi,tika,kabean lah ya…mba,mas, ayu pada meneruskan kekeluargaan alumni samansa sidareja. aj kelalen emailku y…pur_w4t1@yahoo.co.id

  32. Binardi'97 August 10, 2009 at 1:49 pm

    nah kiye tambah dulur siji maning Purwati wong patimuan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: