Keluarga Besar Alumni SMA Negeri 1 Sidareja Cilacap

yang jauh mendekat, yang dekat merapat, yang merapat jadi hangat, yang hangat tambah semangat

Laporan Jalan-jalan Tilik Sekolahan (JJTS)

Oleh Ritsnti (1996)

Dear All,

Akhirnya, acara JJTS telah terlaksana dengan baik.  Berikut uraian laporan pelaksanaan JJTS sejak H-1 sampai pada hari H nya.

Jumat, 25 Maret 2011, pukul 14.30 wib:

Saya,Jule (2001),Leli (2002) dan Kang Djoko (1987) berangkat menuju Sidareja dengan membawa serta seluruh barang bawaan untuk Cinderamata.  Mobil penuh sesak oleh barang.  Tiba di Sidareja sekitar pukul 22.00 Wib.  Kami sempat rendezvous dulu menikmati makan malam di Warung Mak Tiah depan Stasiun Sidareja.  Warung Mak Tiah tersohor dengan oseng welut yang dahsyat pedasnya. Selesai makan, kami menikmati jahe susu di warung yang sama.  Mantaapppp…

Sabtu, 26 Maret 2011, pukul 07.00-13.30 WIB

Berkumpul di FIF.  Sampai pukul 07.15 WIB hanya bertambah 2 peserta.  Kami meluncur menuju ke sekolah, karena Bu Shanti dan Pak Nevi Wahyudi sudah berkali-kali menelpon saya untuk bisa segera tiba di Sekolah.  Tiba di Sekolah, Bapak-bapak Guru telah menunggu di pelataran sekolah.  Terharu sekali mendapati Bapak-bapak Guru menunggu kehadiran kami.  Padahal waktu itu alumni yang hadir baru Kang Djoko, Leli, Jule, Dayat, Desi Nurani dan Saya.  Sedangkan yang menyambut belasan Bapak Guru.  Rasanya

Kami menurunkan barang-barang cenderamata dan souvenir untuk sekolah yang memenuhi bagian belakang mobil Kang Djoko.  Lalu kami dipersilahkan duduk di Ruang Kep Sek yang adem oleh AC (jaman saya sekolah belum ada ruangan ber AC).  Kami disambut oleh Kepala Sekolah dan oleh Bu Shanti yang tetap seperti yang dulu.  Mungil dan manis.  Setelah minum dan menikmati makanan kecil, Bu Shanti mempersilahkan kami memasuki lapangan upacara.

Luar biasa, rupanya kami disambut dengan “Apel Pagi Penyambutan Alumni SMA N 1 Sidareja”.  Benar-benar serasa kembali ke masa SMA dulu.  Merasakan berdiri di lapangan, dibawah terik matahari pagi.  Apel pagi berlangsung khidmat.  Alumni berdiri berjejer dengan para Guru.  Acara dimulai dengan Laporan masing-masing kepala regu kepada pemimpin Upacara, lalu alumni di sambut Choirs SMA N 1 Sidareja yang menyanyikan Hymne dan Mars SMA N 1 Sidareja.  Setelah itu sambutan Kepala Sekolah dan diakhiri dengan sambutan alumni sekaligus perkenalan alumni.

Jujur, saya merinding menikmati apa yang didepan saya saat itu.  Situasi Apel pagi, jauh lebih baik ketimbang jaman saya masih SMA dulu kala.  Apalagi mendengar lagu yang dikumandangkan oleh Choirs.  Saya pernah menjadi bagian dari sekolah ini, dan sampai matipun saya selalu menjadi bagian dari sekolah ini.  Terlalu lama saya dan mungkin alumni yang hadir saat itu meninggalkan sekolah kita.  Sehingga begitu banyak perubahan Sekolah yang tak kami ketahui.

Selesai apel pagi, Acara dilanjutkan dengan bincang-bincang.  Bincang-bincang dilakukan di Aula sekolah.  Kondisi Aula sekolah saat ini juga sudah sangat berubah.  Lantai sekarang sudah keramik.  Acara bincang-bincang hanya diikuti oleh siswa siswi Kelas 12 saja.  Tujuan dari acara bincang-bincang ini adalah untuk mengenal lebih dekat siswa dengan alumni, lalu memberikan motivasi pada siswa.

Presentasi mengenai motivasi dilakukan oleh Kang Djoko (1987)  dan Dayat Trihadi (1996).  Menjadi kolaborasi pemaparan motivasi yang sangat bagus.  Kang Djoko memaparkan tentang pengalamannya yang sudah sangat tinggi.  Harapannya, siswa termotivasi untuk bisa seperti apa yang dipaparkan oleh Kang Djoko.  Dayat Trihadi (1996) memaparkan motivasi dari sisi lemah.  Pentingnya kesadaran dari setiap orang bahwa kita memiliki kelebihan dan kompetensi.  Jadi bagi yang tidak pandai di satu pelajaran/hal tidak perlu rendah diri, karena pasti masih punya kelebihan yang tidak orang lain miliki.  Acara ini, mendapat antusiasme adik-adik kelas yang luar biasa.  Mereka berebut untuk bertanya.  Bagi siswa yang bertanya, Kang Djoko memberikan kaos atau topi.

Acara bincang-bincang ditutup dengan penayangan Motivational Movie Paralympic.  Merupakan klip dari pertandingan olahraga bagi penyandang cacat.  Dari tayangan film tersebut, diharapkan muncul motivasi dari adik-adik kita untuk lebih serius merajut mimpi, meraih prestasi dan merengkuh masa depan.  Mereka yang tidak sempurna saja bisa memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa, kita yang sempurna harus lebih bisa lagi.

Pukul 11.30 WIB, listrik padam.  Terpaksa acara hiburan dari adik-adik kelas batal dilakukan.  Acara berlanjut ke Kesan pesan dari Bapak Guru. Diwakili oleh Pak Karjono.  Setelah itu, Acara serah terima cendera mata, secara simbolik, berupa Netbook.  Acara Serah terima diwakili oleh Kang Djoko kepada Bp. Aris (Kep Sek).  Netbook tersebut merupakan sumbangan dari Rohmat Sugito (1995). Acara ditutup dengan pembacaan Doa.

Alumni digiring menuju laboratorium yang disulap menjadi ruang makan.  Wowwww…di meja panjang telah dihidangkan menu istimewa. Nasi timbel, ayam kampung bakar, ikan mas pepes, oseng daun pepaya dengan udang, Gudeg, lalap lengkap dan aneka jus yang segar luar biasa.  Sumpah semuanya enakkkkkk!!!!!  Kami makan dengan lahap.  Tertantang untuk nambah lagi dan lagi…

Setelah selesai makan, kesempatan berburu foto bersama Guru-guru legendaris.  Terutama yang menyebalkan di kala itu.  Pak Jikin, Pak Gandhi dan Pak Hudi jadi lakon.  Kami maksa berfoto bersama Guru nyentrik ini.  Dulu boleh saja killer, sekarang plis deh nurut aja sama kami.  Hehehehe…Yang pasti kami sangat merasakan kehangatan luar biasa yang diciptakan oleh semua Guru.

Acara foto dilanjutkan ke halaman sekolah.  Foto bersama Alumni dengan Guru-guru dan karyawan.  Lalu Alumni kembali ke ruang Kepala Sekolah, untuk membongkar cendera mata untuk sekolah.  Kamipun berpamitan secara resmi.  Disampaikan rasa terimakasih penuh keharuan oleh Ibu Shanti.  Acara JJTS ini merupakan Acara pertama kali dari Alumni yang melibatkan Pihak Sekolah dan tanpa pandang Angkatan.  Selama ini banyak acara reuni atau kumpul-kumpul tanpa melibatkan Pihak Guru.  Jujur saya jadi terharu plus merasa bersalah lagi.  Sebegitu keringnya perhatian Alumni untuk Sekolah kita, sehingga sejak berdirinya sekolah kita, baru JJTS inilah pertama kali ada perhatian Alumni untuk Sekolah.

Harapan dari Pihak Sekolah, acara-acara alumni berkelanjutan tidak berhenti sampai disini.  Perlunya ada hubungan intensif secara terus menerus dari Alumni pada Pihak Sekolah.  Perlunya ada keterlibatan Pihak Sekolah dalam mengelola organisasi Alumni SMA N 1 Sidareja.

Alumni dan dewan guru berfoto bersama

Alumni dan dewan guru berfoto bersama

Akhirnya setelah puas dengan sajian dari pagi hingga tengah hari yang diberikan oleh Pihak Sekolah, kami berpamitan.  Satu janji hati kami masing-masing, bahwa kami akan kembali lagi!!!

Kepuasan kami semakin bertambah, ketika tak henti-hentinya Bu Shanti ber SMS pada saya, menyatakan banyak siswa yang kirim SMS pada Bu Shanti bahwa “Acaranya luar biasa bagus, kami semakin tertantang untung menjadi lebih baik”.  Terimakasih Ibu Shanti…Terimakasih adik-adik…

Teman-teman, ini nama alumni yang hadir di Acara JJTS:

Djoko Hartoyo (1987), Jakarta
Lilie Pantoro (1989), Jakarta
Wiwik Pusrini (1989), Jakarta
Ristanti (1996), Jakarta
Yuli Fitriani (2001), Jakarta
Leli Wulandari (2002), Jakarta
Dayat Trihadi (1996), Cilacap
Desi Nurani (1995), Sidareja
Suyanto Priambodo (1987), Cilacap
Anjar (2006), Cilacap
Miswanto (2006), Cilacap
Sigit (2006), Cilacap
Anggit (2009), Sidareja

Saya ingin sampaikan terimakasih saya pada:

  • Seluruh alumni yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namanya, atas segala support dan partisipasinya sehingga Acara JJTS dapat berlangsung lancar dan sukses
  • Bp. Aris Subekti , Kepala Sekolah SMA N 1 Sidareja atas segala arahan, dukungan dan perhatiannya sehingga Acara JJTS terlaksana dengan sangat baik.  Doakan kami terus Pak…
  • Ibu Shanti, Ibu Guru kita yang tetap mungil dan manis, atas segala kerepotannya, atas segala ide-idenya untuk membuat suasana kunjungan alumni terasa luar biasa.  Apel paginya berkesan sekali Bu..We love you!
  • Pak Fathurahman, atas segala kesediaannya mendengarkan apa permintaan alumni melalui telepon saya.  Saya sempet jiper Pak..saat Bapak bilang suara saya seperti Presenter.  Hehehehe..
  • Seluruh Staff Pengajar dan karyawan SMA N 1 Sidareja atas segala kerepotannya mempersiapkan sesuatu yang istimewa dan hangat buat Alumni yang hadir
  • Adik-adik kelas tercinta, atas semangat dan antusiasnya.  Jadilah kebanggaan bagi semuanya.

Berikut ini adalah Cenderamata dari alumni untuk sekolah:

  • Satu set komputer Merk Lenovo, CPU nempel dilayar
  • Satu unit Camera digital 12 MP, merk Olympus
  • Bola basket, bola volley dan bola kaki sebanyak 5 buah
  • Netbook
  • Buku-buku

Berikut ini adalah Souvenir (sumbangan dari Alumni) yang dibagikan untuk adik-adik kelas 12:

  • Pulpen (150 pcs)
  • Gantungan kunci (100 pcs)
  • Agenda (100 pcs)
  • Notes (50 pcs)
  • Layer (45 pcs)
  • Pencil case (20 pcs)
  • Pencil holder (5 pcs)
  • Mug (5 pcs)
  • Mouse (5 pcs)

Buat seluruh alumni, mari kita tetap bersemangat untuk lakukan program untuk kemajuan sekolah kita.

7 responses to “Laporan Jalan-jalan Tilik Sekolahan (JJTS)

  1. jakober April 4, 2011 at 11:47 am

    menyenangkan sekali, jan nyesel ora bisa melu wingi, moga kegiatan berikutnya bisa melu, amin

  2. Siyanto Dsantoso April 4, 2011 at 11:20 pm

    semoga acara kedepannya lebih baik. ada kordinasi yang lebih baik, memilih waktu yang lebih baik, agar semua siswa atau sebagian besar siswa alumni bisa berpartisipasi dan dapat merasakan kegiatan. Apalagi ini mengatasnamakan ALUMNI. mohon di review lagi acaranya. di evaluasi. TERIMAKASIH!

  3. Ragil April 7, 2011 at 7:50 pm

    .Siyanto Dsantoso…aja ukur bisa komentar thok…wis mblengeeer…

    .Mas Ibun wingi ora sempet melu pa..

    • allsync April 8, 2011 at 1:13 am

      “Siyanto Dsantoso April 4, 2011 at 11:20 pm

      semoga acara kedepannya lebih baik. ada kordinasi yang lebih baik, memilih waktu yang lebih baik, agar semua siswa atau sebagian besar siswa alumni bisa berpartisipasi dan dapat merasakan kegiatan. Apalagi ini mengatasnamakan ALUMNI. mohon di review lagi acaranya. di evaluasi. TERIMAKASIH!”
      “Ragil April 7, 2011 at 7:50 pm
      .Siyanto Dsantoso…aja ukur bisa komentar thok…wis mblengeeer…”

      mohon di koreksi mananya yang salah.

  4. Nasimanto March 18, 2012 at 8:49 am

    JADI KANGEN MAS SMANSA KOH. JD PENGIN SEKOLAH LAGI.

  5. Arizal Juga Prikitiyuw November 26, 2012 at 9:24 am

    monggoh masuk disini…. disini juga ada forum diskusi bagi alumni dan juga siswa-siswi Sma n 1 sidareja…….

    http://prikitiyuw.hol.es/

  6. SUGIARTO (Tato) - A1/1990 May 24, 2013 at 11:04 am

    Jakarta, 24 Mei 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi dan salam sejahtera untuk sedulur-sedulur ALUMNI SMAN 1 SIDAREJA Tercinta.

    Sudah Lama Waktu Berselang, Blog ini pun sepi Pendatang. Semoga sedulur-sedulur semua selalu dalam keadaan sehat, sejahtera dan senang. Amin.

    Terilhami kegiatan Jalan-jalan Tilik Sekolah Jilid I (JJTS I) tahun 2011 lalu, dan atas hasil rembugan gendu-gendu rasa dari sedulur-sedulur Alumni Lintas Angkatan Sekitar Wilayah JABODETABEK dalam acara Temu Kangen dan Ngendong-ngendongan dari rumah ke rumah, maka digagas untuk dilakukan acara JJTS II (Jalan-jalan Tilik Sekolah Jilid II), yang rencananya akan dilakukan pada saat Dies Natalis SMA Kita (SMA Negeri 1 Sidareja) – Bulan Desember 2013.

    Untuk menggalang rembug dan dukungan moril maupun spirituil dari sedulur-sedulur Alumni Tercinta terkait rencana JJTS II tersebut, maka mari kita hidupkan kembali Blog ini yang sudah begitu kreatifnya sedulur-sedulur kita membuat dan konsentrasi untuk selalu menyempurnakannya, walaupun sudah 2 tahun sepi, namun saya percaya tetap ada kerinduan di hati sanubari sedulur-sedulur semua untuk diaktifkan dan dihidupkan kembali.

    Untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya buat Mas Rohibun, Mas Singgih, Mas Darsono, Mas Ragil, Mas Anto, Mas Sahri, Mba Tanti, Mba Liar Sugiasih, Mba Yani dll yang tidak dapat kesebut, sebagai penggagas lahirnya Blog ini.

    Demikian dari saya sebagai pembuka aktifnya kembali Blog Alumni SMA Negeri 1 Sidareja, mohon saran dan urun rembugnya, demi eratnya tali silaturakhiem dan seduluran kita. Semoga TUHAN YME senantiasa memberikan kesehatan dan kesejahteraan kepada sedulur-sedulur Alumni semua, Amin.

    Selamat pagi dan Salam Sejahtera.
    Wasalamualaikum Wr. Wb.

    SUGIARTO (TATO) – Putra Cipari
    ——————————————–
    Alumnus Kelas A1 – Angkatan 1990

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: